5 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

5 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

5 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Jojoba.id – Meskipun mendidik anak adalah tanggung jawab yang besar. Namun masih banyak orang tua yang meremehkan tanggung jawab ini, yang berakibat lalai mendidik anak yang benar.

Kata singkat dari orang tua yaitu bahwa anaknya harus lebih baik dari dirinya sendiri dalam berbagai hal, baik ilmunya, pendidikannya, dan segala kekurangan dalam dirinya sendiri.

Akan tetapi, secara tidak sadar orang tua sering membuat kesalahan dalam mendidik anaknya sendiri. lantas apa saja yang menjadi kesalahan parenting yang biasa dilakukan orang tua?

Berikut dibawah ini admin berikan kesalahan yang sering terjadi dalam mendidik anak.

5 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

1. Memanjakan Anak

Yang pertama paling sering dilakukan orang tua tentu tidak lepas dari nama nya memanjakan anak dari sejak dini. Dapat kita lihat di lingkungan sekita kita sendiri, pasti ada orang tua yang sangat memanjakan anaknya. Tentu, faktor ini tak lepas dari betapa sayang nya seorang orang tua kepada anak nya.

Namun, Cara tersebut tentu tidaklah baik untuk masa depannya. Padahal, kesulitan dalam hidup akan membangun mental anak menjadi lebih kuat. Ketika anak beranjak dewasa pun ia akan menjadi sosok yang mudah menyerah dan kurang berusaha. Parahnya, ia juga akan menjadi orang yang mudah menyalahkan orang lain apabila apa didapatkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Helicopter Parenting

Yang ke-2 ini helicopter parenting mengapa admin sebut helicopter parenting! apa itu helicopter parenting?

Helicopter parenting atau Helicopter Parent merupakan istilah untuk orang tua yang terlalu bersifat Over Protective atau bahasa sederhana nya terlalu sangat mengatur semua sisi kehidupan si anak.

Dapat diketahui bahwa Helicopter Parent sangat berdampak pada masa depan si anak. Mengapa demikian!!
Sebab ketika dia beranjak dewasa, anak menjadi mudah depresi, sulit menerima ide baru, tidak kreatif dan tidak bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

Contoh Helicopter parenting dalam kehidupan sehari-hari misalnya adalah anak harus selalu bersama orangtuanya, tidak boleh pergi jauh-jauh, ekskul sekolah dan teman bermain dipilih mama, bahkan memilih mainan pun dipilihkan Sang Mama, dengan alasan bahwa pilihan mama adalah yang terbaik untuk anak.

3. Gadget

Gadget, siapa yang tidak kenal dengan gadget pada zaman modern sekarang ini. Pada zaman sekarang tentu sangat berbeda dengan zaman mimin dulu. Zaman mimin dulu hanya tau nya gundu, layang-layang, gambaran dan mana ada namanya Gadget, haha.

Pada zaman modern sekarang ini, semua aktifitas tidak lepas dari nama nya Gadget. Pada dasar itu lah yang membuat orang tua akan lupa hal yang sangat merugikan pola pembelajaran dan pertumbuhan si anak untuk lebih baik.

Dapat kita lihat di sekitar kita saja, tidak orang tua tidak anak pasti memegang gadget. Benar gak sob?

4. Materi

Anak membutuhkan quality time bersama orangtuanya. Tidak cukup hanya memberi anak berbagai benda dan mainan yang bisa mereka koleksi. Karena, anak juga membutuhkan orangtua untuk mendengarkan mereka dibandingkan dengan Anda memberinya sesuatu dan diam. Hal ini justru akan berdampak kurang baik bagi psikologis anak.

5. Berteriak pada Anak

Seringkali orangtua berteriak pada anak ketika mereka melakukan sebuah kesalahan. Mereka berpikir bahwa teriakan adalah sebuah bentuk dari ketegasan. Padahal, sikap ini justru akan membuat mental anak meredup dan menghilangkan rasa percaya dirinya. Selain itu, mereka juga akan merasa tidak dicintai orangtuanya serta depresi.

Itu lah 5 Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak yang mimin temukan dalam lingkungan mimin, hehe.

Baca Juga:

Tentunya dalam hal ini pastinya ada plus dan minus saat kita mendidik anak untuk berkembang ke arah yang kita inginkan. Namun tinggal cara nya saja yang kita butuh proses.

Sekian yang dapat mimin tuliskan untuk sobat, semoga orang tua dapat belajar dari artikel ini. Agar buah hati yang mereka cintai dapat tumbuh dengan baik dan bijaksana. Terima kasih :p


%d blogger menyukai ini: