5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Anda Ketahui

Kanker Serviks

5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Anda Ketahui

Jojoba.id, Penyebab Kanker Serviks adalah suatu kondisi di mana sel-sel abnormal yang terdapat pada bagian leher rahim tumbuh di luar kendali. Leher rahim itu sendiri merupakan bagian bawah rahim yang terbuka ke arah vagina.

Kanker serviks sangat umum ditemui di seluruh dunia. Menurut catatan Badan Kesehatan Dunia atau WHO, kanker serviks merupakan jenis kanker nomor empat yang paling sering menyerang wanita. Lebih jauh, WHO juga mengamati bahwa angka kejadian kanker leher rahim lebih besar di negara-negara berkembang daripada di negara-negara maju.

Apabila benjolan atau tumor dibiarkan begitu saja, maka akan menjadi ganas yang merupakan penyebab kanker serviks. Oleh karena itu penting untuk mengetahui penyebab kanker serviks.

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang paling sering muncul pada wanita di seluruh dunia. Sayangnya, masih banyak yang belum tahu penyebab kanker serviks, gejala dan juga ciri-ciri kanker serviks, sehingga pengobatan seringkali terlambat diberikan. Jika ingin menghindari risiko kanker serviks, terlebih dahulu yuk simak 5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Anda Ketahui.

Penyebab Kanker Serviks

5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Anda Ketahui

1. Merokok

Tembakau mengandung banyak zat kimia yang tidak baik untuk tubuh. Nah, usut punya usut wanita yang merokok memiliki risiko hingga dua kali lebih besar dibanding wanita non-perokok dalam terkena kanker serviks. Oleh sebab itu dipercaya jika merokok merupakan salah satu timbulnya penyakit yang dinamakan kanker serviks.

2. Hamil atau melahirkan di usia sangat muda

Hamil dan atau melahirkan di usia yang masih sangat muda, seperti saat berusia di bawah 17 tahun merupakan salah satu timbulnya penyakit kanker serviks. Wanita yang berusia lebih muda dari 17 tahun saat hamil pertama (tidak keguguran) dua kali lebih rentan terkena kanker serviks.

3. Imunosupresi

Pengobatan atau kondisi yang mempengaruhi sistem imun, seperti human immunodeficiency virus (HIV), virus yang menyebabkan AIDS, bisa meningkatkan risiko terkena infeksi HPV dan jadi penyebabnya.

4. Infeksi human papilloma virus

Melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan dapat meningkatkan risiko terkena HPV 16 dan 18. Begitu juga dengan perilaku seksual berisiko seperti seks tanpa kondom atau berbagi mainan seks (sex toys) yang sama. Selain itu, wanita yang tidak pernah mendapatkan vaksin (imunisasi) HPV tentu lebih rentan terinfeksi HPV yang bisa jadi kanker serviks.

5. Infeksi klamidia

Infeksi Klamidia adalah infeksi salah satu penyakit menular seksual. Hal ini berdasarkan hasil dari beberapa penelitian yang menunjukkan risiko yang lebih tinggi dari kanker serviks pada wanita dengan hasil tes darah yang menunjukkan pernah atau sedang memiliki infeksi klamidia.

BACA JUGA

Sekian Info Kesehatan dari jojo tentang 5 Faktor Risiko Penyebab Kanker Serviks yang Wajib Anda Ketahui. Semoga dengan artikel ini dapat membantu anda semua dalam menjaga kesehatan. Terima kasih


%d blogger menyukai ini: